Selasa, 14 Agustus 2012

FootPrinting






FootPrinting merupakan proses untuk mencari informasi mengenai target. Hal ini sebenarnya tidak terbatatas pada kegiatan online, bisa saja di tempuh dengan melihat informasi di koran, surat-surat, dan sebagainya.Intinya bagaimana kita bisa mendapat informasi sebanyak-banyaknya dari target.
Berhubungan dengan proses footprinting bisa dilakukan melalui media yang berhbungan dengan target seperti koran, yellow pages, website target, mencari di literatur ketiga dari target, hal ini dikenal pula sebagai passive foofprinting. Sedang yang disebut Active footprinting yaitu proses mengumpulkan informasi dengan melibatkan interaksi secara langsung dengan target. biasanya footprinting ini dilakukan sebagai proses awal atau sebuah persiapan sebelum memasuki sebuah sistem.

Whois

Whois merupakan sebuah protokol yang memungkinkan kita untuk mengakses database sebuah domain. Dengan Whois, kita bisa mengetahui pemilik sebuah website, informasi kontak, Server DNS, kapan mulai beroperasim dan informasi lainnya.Sebagai contoh menggunakan http://who.is adalah sebagai berikut :
Setelah muncul gambar seperti diatas, kita tinggal memasukkan alamat website target (sama seperti menggunakan google). Setelah memasukkan alamat target, selanjut adalah klik tombol Who.is Search.
Contoh :
Setelah klik tombol Who.is Search maka akan muncul informasi seperti di bawah ini :
Dari informasi yang ditampilkan kita dapat mengetahui nama pemilik website, emailnya, alamat, tanggal pembuatan website, registrant, dan sebagainya.
Khusus untuk domain lokal Indonesia yang menggunakan TLD (Top Level Domain) .id, kita bisa membuka alamat PANDI untuk mengakses Whois-nya. PANDI merupakan singkatan dari pengelola Nama Domain Internet Indonesia. Berikut adalah alamatnya : https://register.pandi.or.id/Index/whois/lang/id

Geotool

Dengan Geotool, kita bisa menemukan lokasi fisik (letak geografis) serta peta lokasi sebuah IP Address. Ada banyak website yang bisa melakukan hal ini, di antaranya adalah :
  • http://geo.flagfox.net/
  • http://www.ipgeotool.com/
  • http://www.geoiptool.com/
Disini saya mencoba menggunakan website : http://www.geoiptool.com/
Setelah muncul gambar seperti dibawah ini, maka kita hanya perlu memasukkan nama website atau IP Address yang inin kita cari, dan tunggu proses pencariannya.

Pada kotak Host/IP disana kita memasukkan alamat website target atau IP Address target.

Dan masih banyak lagi cara untuk mencari informasi mengenai target. Misalnya :
  1.  Ping 
  2. Pemetaan IP Address
  3. Advanced IP Scanner
  4. Nslookup
  5. Traceroute
Dan masih banyak lagi, cara-cara untuk mengumpulkan informasi mengenai target.

Semoga artikel ini bermanfaat...

Sumber :
==== >> Buku Sakti Hacker - Efvy Zam.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Follow Us on Twitter!Follow Us on Twitter!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting